Kenali kekurangan dari furniture kayu


Kelemahan furniture dari bahan kayu


Kenali kekurangan Furniture berbahan kayu    Memakai sebuah materi yang berbahan kayu dapat menghadirkan tampilan suasana yang berbeda rumah anda pun memberikan sebuah nuansa membumi dan terkesan sebuah alami,
Namun kayu sangat sensitif terhadap perubahan cuaca dan serangan rayap. Apalagi jika pengolahan kayu dan tata letaknya kurang matang justru mengakibatkan penampilan rumah hunian tampak berkesan buruk dan keindahan ruang anda tidak terlihat dinamis. Agar kayu dapat berfungsi maksimal, beberapa berikut ini perlu diperhatikan dalam mencermati hal kekurangan furniture berbahan kayu supaya beberapa hal yang belum anda ketahui dari kelemahan & Kekurangan dari furniture kayu bisa anda cermati dan menjadi pilihan alternatif anda.

Kayu Jati olahan untuk furnitureHarga lebih mahal
       kayu lebih dikenal dengan solid wood merupakan bahan terkuat dan paling tahan lama dibandingkan kayu olahan seperti bahan plywood blocteack. Namun persediaannya terbatas sehingga membuat harganya pun sangat mahal. Proses pengerjaannya pun membutuhkan keterampilan yang khusus dan membutuhkan waktu yang relatif lama. pada proses Pengeringan secara alami harus sempurna untuk mengindari sifat memuai susut kayu. Kayu yang biasa dipakai di Indonesia untuk furniture adalah kayu jati, kayu  nyatoh, dan kayu sungkai dan beberapa jenis kayu lainnya seperti mahoni, pinus, ramin dan cedar.makin berkurangnya lahan dan ketersedian menjadi faktor utama kenapa harga terus meningkat, harga kayu yang mahal berimbasnya membuat penjual furniture mencampur dengan kayu lain, jika diteliti mata awam memang tidak terlihat bila sudah difinishing, maka anda diharuskan bisa teliti atau menanyakan atau melihat langsung bahan sebelum di finishing,

Proses pengolahan kayu untuk furniture

Furniture kayu sebelum di finishing
Kadar air
      Pastikan bahan dari kayu tersebut mempunyai kadar air yang terkandung di dalam kayu serendah mungkin dan berada. Kandungan air yang tinggi menyebabkan kayu mudah memuai, susut, bahkan retak-retak.pada resiko tersebut mulai terasa dalam jangka 1-2 tahun sehinnga untuk model pembuatan furniture pintu sliding harus tebal minimal 1,8 cm untuk menghindari keregangan dan pergeseran akibat mulai keluar air dari kayu yang mengalami pengeringan dalam, bisa membuat kelengkungan dari pintu tentu saja membuat berat saat digeser. dan kayu bisa menyerap air melalui pori-porinya dan memungkinkan terjadinya kelapukan

Proses finishing furniture kayu
 Hasil Finishing
     Selanjutnya, perlu melakukan proses finishing dengan bahan yang sesuai dan pelapisan dengan mengunakan cairan zat antirayap. Bila ingin memperoleh tekstur natural dalam permukaan yang lebih baik, Anda bisa memakai metode politur melamine. Anda juga juga bisa melakukan pengecatan dengan menggunakan media cat semprot melamine untuk hasil yang lebih rata tentu saja berbeda baik dari harga dan kerapiannya , dan mesti dilakukan oleh yang berpengalaman dan apabila anda ingin memberi sentuhan warna cerah aplikasi duco pada kayu terlihat banyak kendalanya terutama hasil akhir akan ber imbas munculnya kerak dari kayu karena getah dalam kayu yang mulai keluar, walaupun dilakukan pengeringan getah kayu tetap terlihat terutama bagi anda yang menginginkan warna putih 


Kerusakan akibat rayap kayu
Masalah kerusakan dari Rayap
Masalah rayap adalah yang paling ditakuti dalam bahan ini rayap atau sesek bisa berkoloni dan mencapai ribuan bila tidak dilakukan pencegahan dari awal, ketakutan lebih jelasterletak bila rayap itu berkembang dan pindah ketempat lainnya baik ke plafon maupun jendela yang menggunakan bahan kayu, terutama resiko kayu yang dioven membuat rongga pada serat kayu menjadi terbuka yang membuat kelembapan dipori-porinya,membuat sisa kehidupan rayap dari furniture lainnya berkembang dan bila rayap sudah masuk maka resiko pelapukan cepat terjadi sehingga membuat kerusakan yang bera.

 

penempatan di ruang furniture kayu
penempatan dan Lingkungan
Untuk merawat sebuah furnitur kayu, Anda tidak cukup hanya melakukan pengelapan atau membersihkan permukaannya saja . Perhatian Anda terhadap penempatan yang pas pada ruang dan lingkungan tempat furnitur kayu itu diletakkan diharapkan dapat menunjang dari furnitur kayu agar berumur panjang dan awet saat dipakai.
Memang, ancaman furnitur kayu juga bisa datang melalui dari rembesan atau tetesan air dari atap flapon rumah yang bocor. Hal ini jelas membuat warna diperabot kayu Anda mengalami perubahan dan mulai mengalami pelapukan dan kerusakan. Untuk mencegahnya, Anda bisa memastikan bahawa tidak ada kebocoran di langit-langit atau dinding rumah.


Benda Berat.
Kerusakan pada furniture kayu
Pemakaian bahan kayu dari furniture membuat beberapa pemikiran bahwa kekuatan dari menahan beban sudah teratasi cobalah anda lihat dulu dengan baik nya apakah beban kuat, untuk mengatasi beban tersebut dan mencegah dari hal yang tidak diinginkan rekomendasi dari beberapa interir design memberikan masukan jika furniture agar dihindarkan dari beban yang terlalu berat, selain merusak kerangka body juga dapat membuang nilai estetika dari ruang , tidak menumpuk barang lebih bagus atau anda pisahkan dengan kegunaan masing-masing. 
Selain itu, bila furnitur kayu anda terbuat dari kayu solid, sebaiknya jangan diletakkan dalam ruangan lembab, dingin, atau ruang ber-AC. Hal ini menyebabkan warna cat tampak pudar dan terlihat  keputih-putihan setelah beberapa bulan.


Demikian beberap hal yang harus anda ketahui dalam pemilihan furniture berbahan kayu, setiap keunngulan pasti ada kekurangan, dan semoga halaman ini bisa menjadi suatu yang bermamfaat untuk anda, dan terima kasih telah mengunjungi website kami dan anda bisa mendapatkan  beberapa tips dari kami.


Allia Furniture

Saat ini anda sedang melihat & membaca Kenali kekurangan dari furniture kayu. anda bisa menemukan pada link Url : http://www.alliafurniture.com/2012/11/kenali-kekurangan-dari-furniture-kayu.html, semoga halaman Kenali kekurangan dari furniture kayu ini bisa menjadi solusi anda.