Rumah tetap nyaman di musim hujan

Rumah tetap nyaman di musim hujan
   Musim hujan adalah anugerah yang harus kita syukuri. Namun, jika kita tidak mempersiapkan segala sesuatunya, ada kerepotan yang bisa kita alami, Sejumlah hal harus di persiapkan untuk menyambut musim hujan. Mengecek kembali kondisi bangunan rumah adalah salah satunya. 

mengatasi kebocoran akibat hujan besar
    kadang ada beberapa hal yang kita acuhkan dalam melihat sebuah keadaan sekitarnya, merasa kondisi rumah di tv yang mengalami kejadian banjir adalah bencana mereka yang tinggal di daerah rawan kebanjiran, kita pun beranggapan mengapa tinggal didaerah itu !, tapi jangan merasa tinggi hati, sebab suatu hal yang harus kita ketahui bahwa curah hujan besar yang memang musimnya mengikuti siklus tropis tak pernah terjadi di rumah kita tentu tidak anggap enteng, apalagi karbon yang terkandung di kantong air hujan, bisa merusak beberapa struktur rumah kita, perabot rumah kita, bahkan kendaraan, bila hujan sedikit demi sedikit mengenai rumah kita, dan bagaimana mengatasinya, serta menanggulanginya, ada beberapa tahapan sederhana saat mengecek dan berbuat yang terbaik bagi rumah.

 Periksa drainase rumah
pipa drainase di rumah
   Bagian pertama yang harus kita periksa adalah saluran drainase, saluran ini harus bebas dari sampah atau kotoran Diameter pipa perlu di timbang ulang dengan mempelajari kembali kondisi musim hujan sebelumnya, apakah pipa masih menampung air atau perlu di perbesar lagi ?, posisi kemiringan pipa juga perlu di periksa, letak pipa yang terlalu landai akan memicu terjadinya genangan air. 


Cek Dinding yang menjadi lembab
 Cek Dinding Rumah
    Setelah memastikan kesiapan saluran air, selanjunya kita harus mengecek dinding rumah yang terpapar langsung air hujan, Dinding bagian luar sebaiknya di lapisi cat tahan air untuk mencegah dinding lembab dan mengelupas jika terjadi retakan pada dinding luar, di sarankan untuk di bobok terlebih dahulu kemudian di plester dan dipulas dengan cat tahan air.
     Selanjutnya kita dapat memeriksa lantai di teras rumah dan carport, sebaiknya gunakan lantai yang bertekstur agar saat tersiram air tidak licin, bagian yang tak kalah penting untuk dicek adalah atap rumah, atap yang landai menyebabkan air menggenang yang kemudian memicu bocor, sudut kemiringan atap yang idel adalah 30 - 40 derajat.

Membersihkan atap rumah saat hujan
 Periksa Atap Rumah
   Amati juga susunan genteng dan pastikan tidak ada yang rusak atau terdapat celah yang bisa membuat air merembes kedalam rumah, genteng harus di pasang dengan tehnik yang tepat sehingga semua genteng saling mengunci, dan apabila atap rumah anda menggunakan asbes amati disisi celahnya, paku tambalan nya ada yang berkarat atau ada keretakan bisa anda tambal kalau perlu anda ganti dengan yang baru, saluran buangan diatap anda pun periksa juga langsung atau setelah itu bersihkan bagian talang air yang biasanya tersumbat kotoran atau dedaunan kering, yang bisa menyebabkan tampias jika ada bagian talang yang pecah harus segera ditambal atau diganti dengan talang baru, kebocoran yang terjadi diatas tentu merusak plafon atas rumah anda kelembapan yang terjadi tentu mengudang berbagai binatang baik tikus, nyamuk, rayap, kecoa. bisa membuat keropos struktur rumah anda yang akan menjadikan pondasi rumah tidak bertahan tentu menjadi hal yang berbahaya di kemudian hari.

  Pemeriksaan rutinitas tentu menjadi hal yang baik untuk mencegah sesuatu sebelum terjadi kerusakan dirumah anda, semoga tips ini berguna untuk anda dan terima kasih telah mengunjungi web site kami. anda bisa mendapatkan berbagai hal terbaru dari kami baik tips, maupun update produk terbaru kami melalui link facebook, twitter maupun google +, maupun suscribe via email.
   

Allia Furniture

Saat ini anda sedang melihat & membaca Rumah tetap nyaman di musim hujan. anda bisa menemukan pada link Url : http://www.alliafurniture.com/2012/12/rumah-tetap-nyaman-di-musim-hujan.html, semoga halaman Rumah tetap nyaman di musim hujan ini bisa menjadi solusi anda.