Tips merenovasi rumah dengan biaya hemat

Merenovasi rumah dengan biaya hemat

    Rumah kadang perlu di renovasi dan kadang tidak, Ada beberapa pertimbangan untuk merevonasi rumah, misalnya anak beranjak remaja yang membutuhkan kamar tidur sendiri dengan ukuran lebih luas, perubahan trend seperti merubah rumah menjadi desain minimalis, atau membuat rumah bertingkat .
   Akan tetapi, biaya yang cenderung mahal sering menjadi hambatan beberapa orangtua untuk merenovasi rumah untuk membuat sebuah ruang kamar anak, menganti dan mengubah tampilan rumah, berapa biaya yang harus dikeluarkan. Oleh sebab itu, anda harus memperhitungkan secara cermat jumlah biaya yang dibutuhkan agar renovasi tidak berhenti di tengah jalan. Ada beberapa hal yang perlu diperhitungkan untuk menghemat biaya renovasi.

Mengetahui beberapa hal sebelum merenovasi Rumah

  • Bila banyak bagian yang perlu dirombak, Anda bisa membuat skala prioritas urutannya mulai dari skala terbesar hingga terkecil berdasarkan ketersedian dana dan kepentingannya. Contohnya, lebih dulu mendahulukan perbaikan atap pada musim hujan dibanding penambahan kamar.
  • Anda juga harus memperhatikan kondisi bangunan yang lama dan struktur yang sudah ada, perlu dipikirkan apakah struktur lama sanggup menopang berat meterial yang baru.
  • Hal yang sering dilupakan adalah letak jaringan listrik atau air yang kerap di tanam di dinding, bila rumah akan mengalami renovasi besar, jaringan ini membutuhkan penanganan dan biaya khusus.
Mengetahui sebelum merenovasi rumah

  • Selanjutnya pertimbangkan terjadinya perubahan aliran udara maupun arah paparan sinar matahari, yang berpengaruh pada kenyamanan ruangan didalam rumah perubahan ini bisa terjadi bila kita menmbah ruangan baru atau meleberkan dinding.
  • Yang tak kalah penting adalah mendiskusikan kebutuhan ruang dengan gaya hidup keluarga, ini untuk mengarahkan agar renovasi yang dilakukan sesuai tujuan dan mengakomodasi kebutuhan penghuni.
  • Bila material lama masih bagus dan tidak mempengaruhi kekuatan struktur bangunan jangan sia-siakan. itu dapat membantu menghemat biaya, 

Setelah anda mengetahui beberapa hal sebelum anda merenovasi rumah anda

Berikut  apa yang dilakukan saat melakukan Renovasi yang hemat , menurut artikel yang saya lansir dari majalah idea home.

1. Tentukan konsep tentang renovasi secara matang

   Pada tahap ini, kita menentukan bagian rumah mana saja yang ingin kita perbaiki, bagaimana desainnya, apakah kita akan menggunakan kembali material lama atau tidak. Bila ingin menggunakan material lama tentu harus dibongkar secara hati-hati agar tidak rusak. Sedangkan menentukan desain berguna agar hasilnya sesuai dengan yang kita inginkan. Karena bila hasil tidak sesuai, kita harus membongkarnya sehingga biaya yang dikeluarkan lebih banyak. Dengan mengetahui konsep dengan matang juga membantu tukang mengerjakan dengan lebih cepat.

2. Tentukan bahan bangunan dan kualitas material bangunan yang akan digunakan

     Bila memang dana kita terbatas, tidak ada salahnya kita menggunakan barang-barang berkualitas sedang atau barang bekas. Bila kita memilih dengan cermat, kita dapat menemukan barang bekas tapi berkualitas baik. Penggunaan barang-barang berkualitas sedang misalnya untuk keramik lantai, kayu-kayu, kusen, atau cat interior. Keramik yang dipasang dengan teknik yang baik dapat menghasilkan lantai yang indah walaupun menggunakan keramik kualitas sedang. Sedangkan bagian-bagian yang wajib menggunakan barang-barang dengan kualitas baik adalah pada bagian fondasi rumah, pipa air yang ditanam, struktur bangunan, rangka atap. Dapat dibayangkan bila pada bagian tadi terjadi kebocoran atau rusak, tentu kita harus membongkar lagi yang berarti perlu mengeluarkan uang lagi. Untuk cat eksterior di jendela dan pintu juga disarankan menggunakan kualitas baik karena bagian luar rumah biasanya terkena hujan, teriknya matahari atau udara lembab.

Mengetahui biaya merenovasi rumah

3. Menghilangkan satu bagian pekerjaan renovasi

     Yang dimaksud disini adalah kita tidak melakukan satu bagian pekerjaan, sehingga waktu yang digunakan lebih cepat dan dapat menghemat biaya. Misalnya : Tembok tanpa diplester yang dapat membuat tembok tampak alami, atau mengecat tanpa di plamur.
4. Pemilihan cara pembayaran

     Cara pembayaran umumnya terbagi dua, yaitu borongan dan harian. Bila memang kita sudah pasti apa yang akan direnovasi dan kita sudah mengetahui konsep renovasi secara matang, maka lebih baik kita menggunakan sistem borongan. Sebaliknya, bila konsep renovasi kita belum jelas kita dapat membayar tukang secara harian.

5. Pilih waktu yang tepat untuk renovasi

   Renovasi sebaiknya jangan dilakukan saat musim hujan, karena pada musim ini tukang yang mengerjakan dapat menemui kesulitan. Selain itu, untuk bagian yang berada di luar yang sedang direnovasi menjadi sulit kering dan bahkan bisa menjadi rusak.

    Merenovasi rumah memang membutuhkan biaya yang besar, semoga tips ini bisa membantu anda, dan kalau ada dana lebih tak ada salahnya memakai jasa arsitek, perancang interior, atau kontraktor yang berpengalaman agar renovasi semakin memuaskan. 
    
Demikian tips dari kami tentang renovasi rumah secara matang dengan solusi biaya yang lebih hemat, dan kami mengucapkan terima kasih telah mengunjungi web site kami, anda dapat mengikuti berbagai perkembangan produkterbaru kami serta tips yang mungkin bermamfaat bagi anda melalui link facebook, twitter maupun google +
 

Allia Furniture

Saat ini anda sedang melihat & membaca Tips merenovasi rumah dengan biaya hemat. anda bisa menemukan pada link Url : http://www.alliafurniture.com/2013/01/tips-merenovasi-rumah-dengan-biaya-hemat.html, semoga halaman Tips merenovasi rumah dengan biaya hemat ini bisa menjadi solusi anda.