Tipe & model lantai kayu alami ruangan

Tipe dan model lantai kayu ruangan

     Keindahan Serat kayu membuat banyak orang tertarik mengunakannya untuk menutup lantai, saat ini di pasaran ada banyak tersedia produk lantai kayu dari beragam produsen. Tekstur tampilann nya yang natural memiliki beberapa corak yang menampilkan keindahan kayu tropis diantaranya Dark Nyatoh, Ligh Nyatoh, Kerangas, Kalimantan Poon, Costul, Golden Rosewood, dan Padauk. Corak-corak ini dijamin memberi nuansa alami dan berkesan mewah pada ruangan Anda. Namun, keragaman motif, jenis dan ukuran lantai agaknya sedikit membuat bingung pemilik rumahnya. Sebenarnya ada tiga jenis lantai kayu. Tapi sebagai bahan pertimbangan untuk anda saya lampirkan juga beberapa kelebihan dan kekurangan jenis lantai kayu yang mungkin tidak anda ketahui. 

    Jadi, sebelum memutuskan untuk memilih lantai kayu, sebaiknya harus dipikirkan terlebih dahulu manfaat dari menggunakan lantai kayu. Ini disebabkan, tidak semua produk lantai kayu yang ada di pasaran merupakan produk kayu asli. Beberapa pilihan lantai kayu yang ditawarkan di pasaran berdasarkan material pembentuk : 

Lantai kayu Solid ( Solid Wood Flooring )
Lantai Kayu ruangan Berbahan Kayu Solid
   Jenis ini menawarkan harga yang relatif tinggi karena dibuat dari bahan potongan kayu utuh. Pemasangannya membutuhkan waktu lama dan umumnya menimbulkan bau kimia dari hasil finishing. Jenis lantai kayu ini tingkat muai susutnya tinggi sehingga resiko lantai mengalami kerusakan juga semakin besar, apalagi di Indonesia yang merupakan negara tropis, dimana tingkat kelembabannya sangat tinggi.  Lantai jenis ini terbuat dari kayu asli, dulu orang mengenal bentuk kayu solid beruppa potongan kayu utuh yang dipasang untuk menutup permukaan lantai. Sekarang lantai kayu solid sudah di bentuk menyerupai lantai lantai kayu yang berbentuk lembaran panel dan memiliki celah yang memudahkan pemasangannya,

Contoh lantai kayu ruangan bahan solid

   Kelebihan lain yang dimiliki lantai kayu serat kayunya bisa tampak. Disisi lain, lantai kayu solid memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya, kayu tidak tahan terhadap perubahan cuaca, tetap akan mengalami susut jika tidak dirawat dengan tepat sebelum pemasangan. Karena itu, perlakuan khusus terhadap kayu harus dilakukan seperti kayu di oven terlebih dahulu untuk mengurangi kelembapan kayu.

Lantai Kayu ruangan Berbahan HDF
 Lantai Kayu HDF ( Laminate Flooring )
    Jenis produk ini sering disebut lantai kayu imitasi, Bahan dasar utama jenis lantai kayu ini di buat adalah serbuk kayu yang dipadatkan dengan suhu tinggi. Serbuk kayu yang dipadatkan yang sebelumnya dijadikan bubur kayu (pulp) yang dipress bersama dengan lem dan dilaminasi dengan paper décor yang bermotif kayu. maka disebu HDF ( High Desity Fiber ). karena bahan dasar yang digunakan adalah HDF (High Densitiy Fiberboard) dan MDF (Medium Densitiy Fiberboard) Jenis lantai ini di sebut juga dengan nama laminated. Seperti lantai kayu Engineered diatas permukaan HDF di beri lapisan pelindung yang fungsinya untuk mencegah goresan. kelemahan Jenis bahan ini sama seperti lantai kayu solid yang juga tidak tahan terhadap kelembaban. Harga yang lebih murah memberika solusi jika Anda mendambakan alternatif sentuhan suasana hangat yang ditampilkan dari corak kayu alami, Anda bisa mengunakan lantai kayu ini.

Contoh lantai kayu ruangan bahan HDF

Lantai Kayu Engineereed ( Laminated Floor ) 
Lantai Kayu ruangan Berbahan Engineered lamited

  Beberapa produsen menyebutnya dengan nama lantai kayu multi layer. Jenis ini hampir mirip dengan kayu solid, hanya saja proses pembuatanya berbeda. Setelah itu tumpukan tersebut ditekan supaya pada. Di bagian permukaan atasnya di beri lapisan pelindung sehingga tampilannya halus dan kotoran atau debu tidak mudah masuk kedalam pori kayu, bukan pilihan yang tepat. Engineering Wood Terbuat dari lantai  yang menggunakan bahan dasar kayu asli Kayu Solid sebagai bahan baku di potong dengan ketebalan tertentu dan ditumpuk secara bersilang (horizontal dan vertikal), yang sudah diolah melalui teknologi modern system multi layer. Keunggulan dari engineering wood atau sering disebut engineer parket adalah pada prosesnya yang dibuat sedemikian rupa sehingga masalah-masalah umum yang sering terjadi pada kayu solid seperti penyusutan dan pembengkokan tidak terjadi, caranya dengan sistem teknologi layer dimana lapisan-lapisan kayu dipasang dengan arah serat yang berlawanan lapis satu dengan yang lainnya. Dengan demikian muai susut kayu saling mengikat dan membuatnya menjadi lebih stabil. Harga nya yang tinggi memang sesuai dengan beberapa keunggulannya.

Contoh lantai kayu ruangan bahan Kayu Engineereed laminated

    Beberapa jenis tersebut memang mempunyai kelebihan maupun kekurangan, kini tergantung dari anda sendiri dalam memilih suasana alami, pilihan terbaik tergantung pemilihan dari anda carilah yang terbaik dalam memilih lantai kayu dengan keungulan yang mungkin anda dapatkan dari beberapa jenis tersebut yang lebih tahan terhadap goresan, anti noda, bebas debu dengan permukaan yang lebih halus serta tidak mudah terbakar, hygienic, non allergy, tidak berbau dan mudah untuk dibersihkan.Jadi aman dan nyaman bagi Anda dan keluarga. dengan kemudahan pemasangan sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu lama sehingga memudahkan pemasangannya.

   Bila ingin menciptakan suasana hangat, nuansa alami dan elegan sekaligus memberi nilai tambah pada ruangan rumah, pilih lantai kayu yang mampu mewujudkan keinginan tersebut, dan kami megucapkan terima kasih telah mengunjungi web kami anda bisa mendapatkan update berita terbaru dari kami maupun produk buatan workshop kami melalui link facebook, twitter, dan google +

Allia Furniture

Saat ini anda sedang melihat & membaca Tipe & model lantai kayu alami ruangan . anda bisa menemukan pada link Url : http://www.alliafurniture.com/2013/02/tipe-model-lantai-kayu-alami-ruangan.html, semoga halaman Tipe & model lantai kayu alami ruangan ini bisa menjadi solusi anda.