23 cara efesiensi menghemat energi rumah

23 tips cara efesien menghemat energi rumah

Tahukah anda ? tindakan sederhana ternyata bisa memangkas biaya listrik di rumah,

      Apakah anda selalu mematikan televisi dan DVD player setelah selesai mengunakannya?. Meski kerap dianggap remeh, fitur stand by justru masih tetap mengomsumsi energi. Alhasil tanpa disadari, tagihan listrik pun selalu mahal. Bicara soal konsumsi energi, dari situs www.konservasienergiindonesia.info, sektor rumah tangga di indonesia mengosumsi kira-kira 11 persen dari total energi di indonesia. " di kota-kota besar pengunaan listrik paling banyak adalah AC (air conditioner) karena wattnya besar dan di gunakan dalam waktu yang lama. tapi, di desa-desa lampu yang banyak menggunakan listrik, " papar Astrid kusumawardhani, communication & Stakeholder Management EECCHI (Energy Efficiency and Conservation Clearing House Indonesia).
Logo EECHI-Energy Efficiency and Conservation Clearing House Indonesia

      Astrid juga menegaskan, menghemat energi di rumah akan mengerem pemakaian energi secara keseluruhan. Lagi pula, menghemat energi tidak terlalu sulit. Langkah sederhana seperti membersihkan AC atau mengelap debu dari lampu, menurut situs yang sama, bisa menghemat hingga ratusan ribu perbulan.   Begitu juga pula ketika Anda membiasakan diri mematikan alat-alat elektronik yang tidak di gunakan. sebut saja, Charger tetap mengkomsumsi energi, " ujar Astrid. Nah, ingin tahu bagaimana menghemat energi di rumah? Mudah, kok! Anda tinggal melakukan tiga puluh tips berikut ini

Lampu hemat energi model cfl

Lampu dan Penerangan
1) Pilihlah lampu hemat energi seperti compact fluorescent light atau CFL dengan usia pasang lama karena mengkomsumsi lebih sedikit listrik (kurang lebih 80 persen)
2) Biasakan mematikan lampu jika tidak dipakai.Jika masih ingin menyalakan lampu saat tidur, gunakan lampu yang lebih kecil dan matikan lampu utama.


Lemari Es
3) Jangan membuka kulkas jika tidak diperlukan sebab akan membentuk batu es yang memerlukan energi lebih banyak konsumsi energinya.
4) Kalau memang lemari pendingin akan sering dibuka,pilih kulkas yang memiliki fitur defrost. Gunungan es juga harus di-defrost
5) Belilah lemari pendingin baru yang bisa menghemat listrik hingga 40 persen. Misalnya kulkas yang mempunyai fitur hemat energi dan defrost otomatis.

memilih lemari es hemat energi

6) Pilih lemari es yang memiliki pendingin sekaligus freezer supaya mengurangi kebutuhan daya.
Taruh lemari es di tempat yang tidak menghantarkan panas menurut EECCHI, suhu ruangan 1 derajat celcius lebih kecil dapat menurangi 3 persen listrik di freezer dan 6 persen di lemari pendingin.
7) Jangan mengatur suhu lemari pendingin dan freezer terlalu dingin.
Jangan memasukan makanan maupun minuman panas ke lemari es stabil.
Susun barang dikulkas sedemikian rupa supaya barang mudah di ambil sehingga panas dan lembap bisa di hindari.
8) Matikan kulkas bila bepergian dalam jangka waktu lama dan biarkan terbuka supaya tidak berjamur.

memilih tv lcd hemat energi

Televisi & DVD Player
9) Layar LCD (liquid Crystal Display) lebih hemat dari pada televisi tabung dan televisi plasma berukuran lebih dari 1 meter membutuhkan listrik paling besar.
10) Sebelum membeli, perhatikan kebutuhan listrik saat perangkat hiburan diatur stand by.
Matikan televisi, radio, DVD Player, komputer, dan peralatan hiburan lainnya saat sedang tidak di gunakan. 11) Termasuk ketika kondisinya stand by atau sleep, cabut kabel dari stop kontak. Atau, gunakan terminal stop kontak dengan tombol on dan off yang lebih praktis.
12) Untuk jangka panjang, laptop lebih hemat energi dibandingkan dekstop computer.

Pompa Air
13) Usahakan menggunakan tangki penampung air yang menyala otomatis ketika air di tangki hampir habis.
Lengkapi tangki dengan pelampung pemutus arus otomatis.
14) Jika ada kebocoran atau kerusakan, segera perbaiki.

AC (Air Conditioner)
15) Pilh daya PK yang sesuai dengan kebutuhan ruangan dan pilih AC berwatt kecil yang memiliki daya PK yang lebih besar.
16) Semakin rendah suhu AC, semakin banyak pula konsumsi energi listrik.
Bersihkan kondensor, filter, dan coil AC secara teratur dan periksa kebocoran pada sambungan pipa AC.
17) Pastikan jendela dan pintu tertutup rapat agar suhu dingin tidak keluar ruangan.
18) Matikan AC bila tidak menggunakan ruangan.

memilih mesin cuci hemat energi

Mesin Cuci
19) Sesuaikan jumlah cucian dengan kapasitas mesin cuci. Beban yang melebihi kapasitas menambah pemakaian listrik.
20) Mencuci pakaian dalam jumlah banyak lebih hemat di banding mencucinya satu persatu atau di cicil
21) Gunakan pengering hanya jika cuaca tidak mendukung seperti hujan atau mendung.

Penanak Nasi (rice cooker)
22) Letakan rice cooker dalam posisi tegak sehingga alat pemutus aliran akan bekerja dengan baik.
23) Rutin periksa alat pemutus aliran listrik otomatis, sebab kerusakannya akan membuat listrik terus mengalir.

" Tiga langkah menghemat energi bisa dimulai dengan menyesuaikan daya listrik dengan kebutuhan, memilih peralatan listrik yang hemat energi, dan membiasakan diri menghemat energi."

demikian tips 23 cara efesiensi menghemat energi rumah yang kami lansir dari tabloid nova tentang cara hemat energi yang bisa terapkan dalam kehidupan sehari-hari. semoga memberi mamfaat kepada anda, kami mengucapkan terimakasih telah mengunjungi website kami, anda bisa mendapakatkan berita terbaru baik update tips maupun produk furniture yang terus kami perbarui.

Allia Furniture

Saat ini anda sedang melihat & membaca 23 cara efesiensi menghemat energi rumah. anda bisa menemukan pada link Url : http://www.alliafurniture.com/2013/03/23-cara-efesiensi-menghemat-energi-rumah.html, semoga halaman 23 cara efesiensi menghemat energi rumah ini bisa menjadi solusi anda.