mengatasi & mencegah jamur pada furniture

mengatasi & mencegah jamur pada furniture

    Kondisi kelembapan yang terjadi akibat pengunaan AC (air conditioner) yang dingin serta cuaca musim hujan membuat udara di ruangan menjadi lembab dan berembun. Kelembaban udara yang tinggi tak jarang juga dapat mengancam perabot rumah tangga.
    Furniture yang berada di kondisi ruangan terlalu dingin dan tertutup, mudah sekali lembab hingga timbul jamur dan berbau. Nah. bagaimana mengatasinya, tapi sebelumnya anda harus mengetahui beberapa hal mengenai penyebab hal itu terjadi, seperti perumpamaan " bak cendawan di musin hujan" untuk mewakili beberapa sesuatu yang menunjukan betapa niscayanya pertumbuhan jamur pada kondisi udara yang lembab. kelembapan boleh saja menyuburkan jamur, tetapi tak elok jika furnitur atau mebel berbahan papan partikel di rumah Anda juga menjadi tempat spora jamur berkembang biak, Dari sisi lokasi tumbuhnya jenis jamur kayu furniture dapat dikelompokan 2 jenis yaitu substarte dan jamur permukaan.

mencegah dan menghilangkan jamur pada furniture
Jamur substrate adalah jamur yang tumbuh didalam substrate serat kayu sedangkan jamur permukaan adalah jamur yang tumbuhnya pada permukaan film cat atau lapisan coating seperti model furniture minimalis berbahan multiplek,blockteack, blockboard. triplek

cara mencegah jamur pada furniture
Kerusakan akibat jamur di furniture
Seperti kita ketahui bahwa jenis jamur kayu dilihat dari tempat tumbuhnya dapat di kelompokan menjadi dua klasifikasi yaitu jamur substrate dan jamur permukaan keduanya pada dasarnya akan memberikan efek penurunan nilai ekonomis dari menurunya nilai estetika produk dan hanya kecil mengakibatkan inisial pelapukan material
bisa merusak dari pola warna seperti contoh furnitur warna putih yang kekuning-kuningan atau bercak-bercak.

cara mengatasi jamur pada furniture
 Semua model & tipe furniture rentan jamur
   Furniture berbahan partikel memang rentang di hinggapi jamur saat udara lembab jamur pada papan partikel. Anda tentu merugikan karena dapat membuat partikel menjadi cepat lapuk dan mengotori serta merusak beberapa barang maupun memberikan timbul kekaratan pada berbahan besi. Jadi, ketika furniture sudah di tumbuhi jamur, Anda harus segera membersihkannya.
   Salah satu caranya adalah dengan mengelap lemari menggunakan lap atau kapas yang sudah diolesi oleh alkohol 70 sampai 80 persen. Jika jamur terlalu banyak, lap lemari dengan lap basah sebelum menggunakan alkohol, jangan lupa untuk memindahkan barang jika jamur juga tumbuh di dalam lemari dan pastikan furniture sudah kering ketika Anda memasukan atau menempatkan kembali pakaian kedalam lemari maupun barang atau menempatkan pada furniture anda seperti meja. ketika furnitur anda sudah bersih, kembalinya jamur juga harus di waspadai.

Berikut beberapa cara untuk mencegah jamur tumbuh kembali di furniture atau mebel anda pada papan partikelnya.

  • Membuka jendela setiap hari untuk mengurangi kelembapan ruangan. Cahaya matahari dan angin dapat mengusir kelembapan. jika cuaca masih terasa lembab segera naikan kondisi suhu AC anda atau bisa mengunakan Kipas Angin.
membuka jendela mencegah jamur di furniture
  • Meletakan alas papan kayu maupun potongan Aklirik plastik di bawah  untuk menahan hawa lembab yang berasal dari lantai ruangan.
  • Mencegah dari tumpahan air, maupun zat cair lainnya, dengan langsung membersihkan dengan lap kering
  • Atap yang bocor dan luapan air merupakan faktor utama cepat tumbuhnya jamur air yang mengandung zat asam, segera periksa atap rumah anda teliti lah jangan sampai ada kebocoran,
kebocoran diatap dapat menumbuhkan jamur
  • Memberikan jarak antara furniture anda dengan dinding pada musim hujan. dinding biasanya menjadi lembab untuk sementara anda juga dapat melapisi bagian belakang lemari dengan selotip bening untuk mencegah bagian luar lemari menjadi lembab.
  • Menaruh penyerap bau dan kelembapan di dalam furniture.
  • Untuk furniture berbahan kayu, melapisi bagian dalam lemari maupun furnitur dengan pelapis yang bening seperti vernis atau melamin Anda dapat mengecerkan vernis dengan thinner, kemudian lakukan pengecatan seperti biasa. Dengan metode ini warna asli tetap terjaga dan furniture menjadi kedap air serta bebas jamur.
menjemur furniture untuk mengatasi dari jamur
  • Menjemur furniture anda yang mudah di angkat ke luar ruangan untuk mendapatkan sinar matahari kira-kira satu bulan sekali. 
    Demikian tips sederhana dari kami bagimana merawat furniture anda, semoga tips tersebut berguna untuk anda , anda bisa mendapatkan update terbaru tentang tips lainnya dari kami atau mendapatkan informasi produk yang bisa anda pesan untuk kami kerjakan di worksop kami, melalui link facebook, twitter maupun google +

Allia Furniture

Saat ini anda sedang melihat & membaca mengatasi & mencegah jamur pada furniture . anda bisa menemukan pada link Url : http://www.alliafurniture.com/2013/03/mengatasi-mencegah-jamur-pada-furniture.html, semoga halaman mengatasi & mencegah jamur pada furniture ini bisa menjadi solusi anda.