Jarak aman & nyaman menonton tv di ruangan

Jarak aman & nyaman menonton tv di ruangan

Menurut Asosiasi dokter mata kanada ( Canadian Association of Optometrists / CAO), duduk terlalu dekat ke TV tidak menyebabkan kerusakan permanen pada mata Anda. Sebaliknya, hal itu menyebabkan ketegangan mata dan kelelahan.

Sambil duduk terlalu dekat ke TV dapat menyebabkan ketegangan mata dan kelelahan, menonton TV dalam pencahayaan yang salah dapat menyebabkan ketegangan mata bahkan lebih yang tidak perlu. The CAO merekomendasikan bahwa Anda menonton TV di ruangan yang cukup terang untuk mencegah kelelahan ini tidak perlu pada mata Anda.
TheCanadianAssociationOfOptometrists-Logo

    Nah, untuk mengulas kembali tentang kesehatan mata ketika menonton televisi, berikut kami sajikan kembali informasi jarak aman ideal menonton TV yang dilansir dari canadian association of opstometrists.com dari artikel tentang kesehatan mata pada perangkat elektronik.
    Pada jaman TV Tabung, para pakar kesehatan sering menyarankan bahwa untuk menikmati acara-acara TV, kita harus berada di jarak minimal lima kali ukuran diagonal TV yang kita tonton. Dengan kata lain, jika kita menikmati TV berukuran 40 inch, jarak aman ideal untuk menontonnya adalah 5 x 40 inch atau sekitar 5 meter. Tentu dengan asumsi tersebut, ruangan mana di rumah kita yang ideal untuk syarat tersebut? Informasi dan penelitian mendasar dan akurat tentang perbedaan efek TV Tabung dengan TV layar datar jenis LCD, LED, maupun Plasma terhadap kesehatan mata. Akan tetapi efek TV Tabung memang jauh lebih besar tapi dengan resolusi yang kecil lalu bagaimana dengan tv layar datar atau flat.
    Setidaknya ada beberapa hal rekomendasi dari CAO yang dapat anda lakukan untuk meminimalisir efek pencahayaan TV jenis apapun yaitu:

jarak ideal menonton tv di ruang
  • Jarak yang tepat Untuk Duduk Dari TV Usahakan tetap berada pada jarak yang aman Seperti halnya saran dari para ahli kesehatan, jarak aman ideal menonton TV minimal adalah 5 x diagonal TV. Jika perlu, usahakan lebih dari jarak tersebut. Satu baris pemikiran adalah bahwa seseorang dapat duduk lebih dekat ke HDTV karena mata kita melihat layar lebar berbeda daripada saat melihat TV analog lama. Satu lagi adalah bahwa tidak ada yang berubah. Anda tidak harus duduk dengan hidung Anda menyentuh layar. Jadi, seberapa jauh Anda harus duduk dari TV? The CAO merekomendasikan bahwa seseorang menonton TV dari jarak lima kali lebar layar TV.

     Berikut kami lansirkan tabel diagram dari CAO
berikut lansiran tabel jarak pandang aman dan ideal.

Posisi jarak aman jangkauan pandang melihat layar tv
ukuran tv dalam inchi ukuran posisi dalam per feet ukuran posisi dalam per centimeter / meter
26 " 3,25-5,5 feet 96 cm - 158 cm / 1,5 meter
32 " 4,0-6,66 feet 122 cm / 1,2 meter - 197 cm / 2 meter
37 " 4,63-7,71 feet 127 cm / 1,3 meter - 215 cm / 2,1 meter
40 " 5,0-8,33 feet 152 cm / 1,5 meter - 250 cm / 2,5 meter
46 " 5,75-9,5 feet 170 cm / 1,7 meter - 286 cm / 2,9 meter
52 " 6,5-10,8 feet 194 cm / 1,9 meter - 324 cm / 3,2 meter
58 " 7,25-12 feet 218 cm / 2,2 meter - 366 cm / 3,7 meter
65 " 8,13-13,5 feet
70 " 8,75-14,75 feet

Catatan: Tabel ini hanya digunakan untuk menentukan ukuran layar untuk posisi yang ideal.
  • Seringlah berkedip dan tidak terlalu terpaku pada layar Berkedip agar menjaga mata tetap bersih dan terlindungi dari kekeringan serta iritasi. Mata yang terlalu lama tidak berkedip akan membuat kelopak kering dan tidak baik bagi mata itu sendiri. 
  • Pencahayaan yang tepat Untuk Menonton TVNyalakan lampu ruangan Agar pupil mata tidak terlalu keras bekerja, menyalakan lampu ruangan sebagai penyeimbang cahaya yang keluar dari TV sangat disarankan. Ketegangan mata dan kelelahan bisa menjadi masalah karena itu berarti mata Anda lelah, yang diterjemahkan menjadi pandangan kabur. Obatnya adalah untuk mengistirahatkan mata Anda dan kembali dalam keaadan normal.
    jarak & cahaya yang ideal menonton tv
  • Pada jangka panjang, pemaksaan mata untuk fokus pada satu cahaya memusat ini akan berakibat penglihatan terganggu. Sesuaikan posisi menonton Usahakan menonton dengan posisi duduk, dan tidak dalam posisi tiduran sehingga fokus mata dapat terjaga. 
    Ketidakfokusan mata dalam menonton akan berakibat buruk bagi daya penglihatan itu sendiri. Pencahayaan di ruang harus selaras karena efek cahaya dari TV sangat tajam. Beberapa orang seperti ruang yang terang, yang lain suka gelap. CAO menyarankan menonton TV di ruangan yang memiliki kondisi cahaya yang kuat. Pikiran adalah bahwa ruang terlalu gelap atau terlalu terang akan memaksa mata regangan untuk melihat gambar kembali.
  • CAO juga merekomendasikan bahwa seseorang tidak harus menonton TV dengan kacamata. Menonton TV memang sangat mengasyikan jika acara-acara yang ditayangkan sesuai dengan film favorit dan ketertarikan anda. Akan tetapi, jangan terlalu asyik memaksakan mata untuk menonton hingga berjam-jam. rekomendasi melihat jarak CAO untuk tes, yang diukur keluar untuk menonton 42 "HDTV dari 9 ' feet jarak dalam ukuran feet 9' memang membuat jarak agak jauh. mungkin bisa di rekomendasikan dengan jarak minimal 6,5-8,5 ' feet jarak pada 42" HDTV.
Jadi, saran dari CAO adalah dengan menggunakan sedikit akal sehat dan menjauh dari TV jika mata Anda mulai menyakiti. Nonton TV dari jarak mana Anda dapat nyaman membaca teks pada layar tanpa menyipitkan mata.

  • Jika Anda menonton TV dan mata Anda mulai merasa lelah kemudian memindahkan mata Anda dari TV. Cobalah untuk fokus mereka pada sesuatu yang jauh untuk waktu yang singkat. Contoh dari peneletiannya membuat suatu rumusan  dari tindakan ini adalah aturan 20-20-20. Aturan 20-20-20 sebenarnya ditujukan untuk melihat komputer, tetapi itu benar-benar dapat diterapkan untuk setiap situasi di mana ketegangan mata adalah masalah, seperti menonton TV. Menurut CAO, "setiap 20 menit istirahat 20 detik dan fokus mata Anda pada sesuatu setidaknya 20 meter jauhnya."
  • Batasi sesuai kebutuhan masing-masing. Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika menikmati acara-acara TV, salah satunya dengan memperhatikan jarak aman ideal menonton TV bagi keluarga. Seiring popularitas TV-TV layar datar yang berukuran raksasa yang semakin berkembang, memanfaatkan ukuran TV yang sesuai dengan ruangan rumah tentu menjadi wujud perhatian akan pentingnya kesehatan. Semoga bermanfaat. 
Demikian artikel kami tentang mengetahui jarak aman & posisi nyaman menonton tv di ruangan, untuk mendapatkan artikel terbaru yang mungkin berguna untuk anda dari kami, maupun update produk furniture terbaru melalui link facebook, twitter maupun google + , dan bila artikel ini berguna anda bisa share ke teman-teman anda, Terimakasih telah mengunjungi website kami.

Allia Furniture

Saat ini anda sedang melihat & membaca Jarak aman & nyaman menonton tv di ruangan. anda bisa menemukan pada link Url : http://www.alliafurniture.com/2013/05/jarak-aman-nyaman-menonton-tv-di-ruangan.html, semoga halaman Jarak aman & nyaman menonton tv di ruangan ini bisa menjadi solusi anda.