Tentang bahan material & finishing HPL

Tentang material bahan & finishing HPL
Tentang HPL
HPL atau High Pressure Laminate merupakan bahan material untuk pembuatan furniture untuk interior dan merupakan salah satu alternative tampilan finishing akhir furniture , penerapan melalui laminasi saat ini merupakan salah satu bahan finishing umum digunakan dalam produk mebel dan permukaan interior. Ini bekerja lebih baik sebagai penutup permukaan untuk lemari pakaian, cabinet, meja, kitchen set, dekorasi interior, dll material HPL terbuat dari resin pvc, penolin, kraft paper dan decorative paper. Dengan ukuran panjang 2.440 mm, lebar 1.220 mm dan tebal 0,6 sampai 1 mm sebagai pelapis akhir pada furniture terutama model minimalis berbahan kayu Plywood ( Blockboat, Multiplek ). Lapisan ini memiliki tekstur & desain motif maupun tekstur yang bermacam-macam baik motif kayu, tekstur gelombang, besi, granit marmer, serta tampilan nya pun beragam dengan permukaan biasa doff maupun di lapisi vernis ( glossy ).
material partikel bahan HPL
Kini HPL banyak diminati oleh Produsen pembuat furniture maupun konsumen furniture terutama konsep desain minimalis. Disaat kayu solid seperti kayu jati, mahoni maupun plywood blocteack tipe megatik, sungkai, serta kayu jati yang hanya menampilkan kesan warna monoton, serta tuntutan pasar yang menginginkan produk yang berkualitas dalam hal penampilan model sekaligus model desain sesuai tema minimalis yang trend serta populer saat ini , serta perawatan yang mudah maka HPL bisa memenuhi kebutuhan ini. HPL memiliki kelebihan yaitu cukup anti gores dan anti air. Tidak seratus persen anti gores, namun memang material ini kuat berkat bahan utamanya yang merupakan plastik keras PVC dengan permukaan rata maupun bertekstur. Material ini lebih kuat daripada material decosheet yang biasanya digunakan untuk melapisi furniture murah yang dijual di toko-toko furniture biasa.
contoh furniture dengan finishing HPL
Bagi konsumen / pembeli, furniture menggunakan HPL mempunyai kelebihan tersendiri, kelebihannya adalah motif dan warna yang dijamin sama apabila satu type dengan ratusan motif pilihan. Sedangkan bahan yang menggunakan material kayu maupun plywood saat ini mengalami kesulitan untuk mendapatkan kayu maupun plywood yang punya corak sesuai selera maupun perubahan trend dan berkualitas. Selain itu furniture dengan bahan HPL juga mudah dibersihkan, rapi & tentunya lebih kuat menghadapi beberapa persoalan ( benturan, goresan atau panas ) serta harganya yang variasi. Sementara itu, penggunaan material kayu dan plywood ini masih sangat tergantung dengan “Kemampuan Tukang Finishing”. Sebagus apapun corak maupun kayu/plywood kalau tidak didukung tukang finishing yang berkualitas baik penggunaan kuas maupun media semprot ( cat melamik & cat duco ), maka hasil akhir barang tersebut bisa menjadi ‘berantakan’. Sedangkan Hpl melalui sistem tempel dengan pengerjaan dari tukang yang rapih serta berpengalaman bisa menghadirkan motif kesan sempurna.

Warna serta motif HPL
HPL motif solid warna HPL motif serat kayu
Proses Pembuatan HPL :
HPL dibuat dengan proses teknologi canggih yang terdiri dari Resin PVC decorative paper, kraft paper, resin (solid penolic) dengan tekanan tinggi sehingga menghasilkan produk yang durable juga tekstur serta motif menawan.

Kegunaan HPL
INTERIOR
  • Furniture
  • Office sistem (top table, locker)
  • Home aplication (kitchen set, lemari)
  • Store fixture (chasa, show case)
  • Background Dinding
  • Dll
Mengapa menggunakan HPL
  • Sistem pengerjaan praktis (cukup dilem. dipress / dipostform ), pengerjaan lebih praktis karena tidak tergantung suhu udara dan panas
  • Design lebih exclusive ( motif serta tekstur lebih banyak baik solid warna , motif dan tekstur )
  • Easy maintenance ( mudah dibersihkan ) cukup memakai lap di basahkan
  • Cocok untuk furniture dengan tampilan yang modern dan minimalis
  • Resistence ( tahan terhadap scrates / gores, stain/stabil, heat/panas dan durable/kuat )
  • HPL merupakan green product (ramah lingkungan) untuk woodgrain tersedia dalam jumlah banyak, siap pakai tanpa harus menebang pohon untuk mendapat motif kayu.
  • Warna maupun motif merata dan sama ( cosistant colour )

Cat Melamik & Cat Duco  / Cat Finishing
  • Pengerjaan sangat tergantung pada suhu udara dan panas karena akan mempengaruhi hasil pengecatan
  • Harga melamik lebih mahal karena harus memilih bahan kayu yang mempunyai motif dasar kayu dulu seperti; megatick, nyatoh atau sungkai. Cat duco memakai bahan plywood Blocteack maupun multiplek yang ada lapisan melamin
  • Finishing Cat melamik hanya bisa di bersihkan dengan pembersih kayu ( wood cleaner ) , sedangkan cat duco di bersihkan dengan pemebersih khusus cat mobil seperti KIT, Maupun Compound
  • Rentan terhadap air ( makin lama warna bisa memudar )
  • Warna sangat tergantung pada si pembuat serta tukang finishing akhir ( rapih atau tidak nya )
  • Tidak ramah lingkungan karena menimbulkan asap dan bau yang cukup tajam jadi harus di simpan dahulu untuk menghilangkan bau nya.
  •  Waktu pengerjaan yang lebih lama.

Demikian artikel kami tentang bahan & finishing HPL yang kami gunakan di tempat kami, anda bisa mendapatkan banyak informasi beragam dari kami baik tentang interior maupun produk furniture yang kami buat di workshop ( tempat pembuatan furniture ) Allia Furniture, kunjungi website kami terus dan ikuti sosial media kami untuk mendapatkan artikel serta update produk terbaru dari kami.

Gratis Ongkir. Harga Tentang bahan material & finishing HPL, sudah termasuk ongkos kirim untuk pengiriman daerah Wilayah DKI Jakarta. Pengiriman untuk luar Jakarta ada penambahan cost ongkos kirim.

Berbagi :

allia furnitureAllia FurnitureKami adalah penjual dan pembuat furniture minimalis maupun mebel ukiran online yang berada di jakarta.

Informasi. untuk penjelasan detail tentang furniture tersebut, Anda dapat menghubungi kami.

Hubungi Kami